Tanaman jambu memang sangat cocok hidup di wilayah Indonesia sehingga banyak orang mencari lokasi penjual bibit jambu. Terlebih jambu ini tak hanya memiliki banyak manfaat, namun juga bisa mendatangkan keuntungan tersendiri. Jambu yang banyak dijual diantaranya seperti jambu biji dan jambu air.

Jambu biji atau dalam bahasa latin Psidium guajava juga kerap disebut jambu klutuk, jambu batu dan jambu siki yaitu tanaman tropis yang asalnya dari Brazil. Lalu tanaman ini menyebar ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih dan adapula yang berwarna merah dengan rasa asam manis.

Sementara jambu air adalah tanaman yang termasuk suku Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Sebenarnya jambu air berbeda dengan jambu Semarang atau Syzygium samarangense yang menjadi kerabat dekat dengan buah dan pohon yang hampir sama.

Bibit Jambu di Kebun Bibit Alamku Asri
Bibit Jambu di Kebun Bibit Alamku Asri

Beberapa kultivarnya bahkan sulit dibedakan yang lalu keduanya kerap disebut dengan nama umum jambu air ataupun hanya sebatas jambu. Jambu biji dan jambu air mempunyai beragam jenis. Berikut pembahasan selengkapnya.

Beberapa Jenis Jambu

Jambu Jamaika

Jambu jamaika termasuk jenis jambu air dengan keunggulan pada daging buah yang tebal (sekitar 0,5-2,5 cm) dengan tekstur lebih halus dibandingkan jambu air lainnya. Jambu jamaika kerap disebut sebagai jambu bol dengan warna merah pekat yang cantik. Jambu ini juga memiliki wangi yang khas dengan rasa asam manis.

Bibit jambu jamaika memiliki daun dan tajuk yang sama dengan jenis jambu air lainnya. Untuk dahannya cenderung lentur, memanjang serta menjulur ke segala arah. Daunnya berukuran besar dan berwarna hijau tua.

Ketika belum matang, kulit jambu jamaika berwarna merah muda dan akan berubah hitam saat semakin tua. Jambu jamaika bisa menghasilkan buah saat usianya telah memasuki 9-13 bulan untuk vegetatif. Sementara jambu jamaika generatif bisa menghasilkan buah saat memasuki usia antara 2 sampai 3 tahun.

Bila Anda telah datang ke lokasi penjualan bibit tanaman jambu ini dan nantinya dibudidayakan, Anda pun harus mengetahui apa saja syarat pembudidayaannya. Berikut beberapa syarat menanam jambu jamaika menurut sentra informasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

  • Iklim

Jambu jamaika dapat tumbuh dengan baik di daerah bercurah hujan 3.000 mm per tahun. Sementara intensitas cahaya matahari yang diperlukan jambu jamaika sekitar 40-80%. Temperatur ideal bagi pertumbuhan jambu jamaika yaitu 18-28° C dengan kelembaban udara 50-80%.

  • Media tanam

Tanah yang paling cocok untuk bibit jambu jamaika adalah tanah yang gembur dengan banyak kandungan bahan organik. Salah satu tanah yang baik sebagai media tanam jambu jenis ini adalah tanah inceptisol.

Sementara tanah yang tak terlalu subur seperti ultisol dan oksisol masih cukup baik untuk media tanam namun sebelumnya wajib diberi kapur dan pupuk. Jambu jamaika sangat cocok ditanam di tanah dengan pH 5.5-7.5.

  • Ketinggian lokasi

Jambu jamaika baik untuk ditanam di beragam lokasi. Hal itu karena jenis jambu ini memiliki daya adaptasi yang sangat baik di lingkungan tropis, baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi hingga 1.200 mdpl.

Jambu Madu Deli

Jambu madu deli atau Syzygium aqueum termasuk salah satu jenis jambu air. Jambu madu deli mempunyai rasa yang sangat manis dengan buah berukuran jumbo. Bobot 1 butir jambu madu deli bahkan bisa mencapai 200-300 gram.

Jambu madu deli berwarna hijau segar yang mengkilap. Sementara rasanya sangat manis sesuai namanya. Bahkan tingkat kemanisan dari jenis jambu ini mencapai 12-14 brix yang jauh dari rata-rata jambu air secara umum. Akan tetapi bila jambu ini ditanam di iklim yang tak sesuai maka rasa dan warnya akan menurun.

Jambu madu deli berasal dari Taiwan dan lalu banyak dikembangkan di wilayah Sumatera Utara. Banyak pekebun jambu madu deli yang jual bibit jambu ini setelah mengembangkannya dengan wadah pot besar hingga drum.

Supaya jambu madu deli tumbuh optimal, sebaiknya jambu ini ditanam di wilayah dataran rendah hingga menengah. Jenis jambu ini juga memerlukan sinar matahari sepenuhnya sebab bisa berpengaruh pada warna dan tingkat kemanisannya.

Tak hanya sebatas itu saja keunggulan dari jambu madu deli. Jenis jambu ini bahkan bisa menghasilkan buah tanpa kenal musim dan termasuk sangat produktif. Kandungan air dan vitamin C pada jambu ini termasuk tinggi sehingga selain menyegarkan juga bagus untuk kesehatan.

Jambu Biji Merah

Jambu biji merah memang tak asing lagi karena terkenal. Bahkan jenis jambu ini banyak dijadikan minuman kemasan karena rasanya enak. Jambu biji merah memang memiliki nilai ekonomis tinggi khususnya karena rasa manisnya, memiliki banyak kandungan vitamin C serta warnanya menarik.

Jambu biji merah sangat baik untuk ditanam di wilayah dengan ketinggian 0-1.000 mdpl dengan tanah yang gembur dan memiliki cukup air. Tak mengherankan jika jambu ini sangat mudah dijumpai di Indonesia.

Hal ini karena bibit jambu biji merah sangat cocok untuk ditanam di wilayah iklim tropis seperti Indonesia. Dengan begitu hasil panen jambu biji merah bisa memiliki kualitas yang sangat bagus. Terlebih lagi perawatan jambu biji merah sangatlah mudah.

Jambu Biji Putih

Jambu biji putih juga termasuk jenis jambu yang mudah dijumpai di wilayah Indonesia. Jambu ini tak hanya dikenal karena rasanya yang manis dan enak, akan tetapi karena banyaknya khasiat yang terkandung didalamnya. Jambu biji putih memiliki banyak nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, hidrat arang, protein, lemak, mineral, dan lain-lain.

Daun jambu biji putih juga berkhasiat karena memiliki kandungan nutrisi seperti asam guajaverin, asam ursolat, asam kratogolat, asam oleanolat, minyak atsiri, asam psidiolat dan vitamin. Oleh sebab itu jambu biji putih terbukti ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan serta berkhasiat untuk kecantikan kulit.

Jambu Citra

Jenis jambu terakhir adalah jambu citra yang termasuk jenis jambu air unggulan. Tak mengherankan jika jambu citra banyak diperjualbelikan untuk pembudidayaan. Jambu air ini ukuran buahnya termasuk cukup besar, rasanya juga sangat manis dan nikmat. Jambu citra juga mudah dibudidayakan.

Jual Jambu Biji

Nah, bila Anda ingin membudidayakan jambu maka Anda bisa menghubungi kami. Anda bisa mendapatkan bibit jambu berkualitas di Kebun Bibit Alamku Asri.