Kelengkeng yang mempunyai nama lain dimocarpus longan lour merupakan jenis buah yang tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia, Thailand, Vietnam dan Tiongkok. Bibit kelengkeng dicari oleh banyak orang untuk dibudidayakan.

Di Indonesia, buah kelengkeng nantinya dikonsumsi secara langsung ataupun diolah seperti untuk sup buah, manisan, dan lain-lain. Tak hanya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, namun buah kelengkeng juga mempunyai begitu banyak manfaat yang tentunya tak boleh dipandang sebelah mata.

Bibit Kelengkeng di Kebun Bibit Alamku Asri
Bibit Kelengkeng di Kebun Bibit Alamku Asri

Dalam 50 sampai 100 gram buah kelengkeng terdapat kandungan kurang lebih 150 sampai 250 kalori. Tak hanya itu, buah ini pun mempunyai kandungan antioksidan flavonoid, polifenol dan juga beberapa nutrisi lainnya. Karena termasuk jenis buah yang banyak dicari, tak mengherankan ada banyak orang mencari penjual bibit buah ini untuk ditanam.

Rekomendasi Beberapa Jenis Kelengkeng

  • Bibit Kelengkeng Matalada

Kelengkeng matalada merupakan varietas yang bisa menghasilkan buah yang berukuran cukup besar dan mempunyai kulit putih. Ukuran buah kelengkeng matalada memang lebih besar dari uang koin Rp 500 yang mempunyai diameter antara 2,5 sampai 3 cm.

Dinamakan matalada sebab biji buah kelengkeng ini mempunyai ukuran yang kecil, bahkan ada juga yang menyebutnya dengan nama kelengkeng biji lada. Jenis bibit matalada ini memiliki keunggulan yaitu buah yang dihasilkan mempunyai daging yang tebal, mempunyai warna putih bersih dan tekstur yang kesat.

Buah hasil bibit kelengkeng ini bisa mengeluarkan aroma harum, mempunyai daging kering serta transparan. Pada ujungnya mempunyai bentuk runcing yang berwarna hijau tua. Produktivitas tanaman umumnya saat memasuki usia 3 tahun dan untuk satu pohon dapat menghasilkan 25 sampai 40 kg.

Tak hanya itu, kelengkeng matalada juga sangat mudah untuk ditanam di wilayah dataran rendah. Sementara untuk dataran tinggi hanya mencapai ketinggian 600 mdpl untuk dapat membudidayakan tanaman kelengkeng ini.

  • Bibit Kelengkeng New Kristal

Bisa dibilang jenis kelengkeng satu ini adalah pengganti dari kelengkeng kristal terdahulu. Kelengkeng new kristal mempunyai citarasa yang jauh lebih manis bila dibandingkan dengan kelengkeng kristal terdahulu. Tak hanya itu saja, kelengkeng satu ini mempunyai daging buah yang kering. Pohonnya pun tak sama dengan jenis kristal terdahulu.

Daun dari pohon kelengkeng new kristal mempunyai ukuran lebih besar dan lebih tipis. Tajuk pohonnya pun jauh lebih menjuntai. Jenis kelengkeng new kristal bisa tumbuh sehat di lahan dengan ketinggian 20 mdpl yang berjarak 15 km dari wilayah pantai.

Menanam bibit kelengkeng new kristal memiliki keuntungan tersendiri, di musim penghujan masih bisa menghasilkan buah. Tak seperti jenis kelengkeng lainnya yang tentu akan mengalami kerontokan pada bunga dan mengalami kegagalan total saat panen.

  • Bibit Kelengkeng Diamond River

Berikutnya adalah jenis kelengkeng diamond river yang cukup digemari oleh banyak kalangan. Hal ini karena rasa kelengkeng ini sangat manis, bahkan kandungan airnya juga tak terlalu banyak namun tetap menyegarkan.

Kelengkeng satu ini cukup unggul bila ditanam di wilayah dataran rendah. Hal ini karena jenis diamond river memiliki karakter yang mudah berbuah dan mempunyai produktivitas cukup tinggi. Tak seperti jenis kelengkeng lainnya dimana hanya berbuah pada musim tertentu saja. Sementara kelengkeng diamond river dapat berbuah tanpa mengenal musim.

Jenis kelengkeng diamond river berasal dari China dengan daun berwarna hijau cerah. Lalu daunnya mempunyai bentuk lebar dengan bagian tepi yang bergelombang. Daun kelengkeng diamond river mempunyai ukuran panjang 12 cm sementara lebarnya 4 cm.

Daun pohon kelengkeng satu ini cenderung tumbuh ke arah samping dan rimbun. Maka sangat cocok untuk menjadi pohon peneduh. Rasa daging buahnya pun manis dan segar. Tak mengherankan banyak toko jual bibit kelengkeng jenis diamond river.

Jenis kelengkeng diamond river dapat tumbuh dengan optimal di wilayah dataran rendah sekalipun pada iklim yang panas dengan suhu berkisar antara 30 derajat sampai 35 derajat celcius. Tanaman satu ini sangat cocok untuk ditanam di lahan perkebunan ataupun ditanam pada pot untuk menghias halaman rumah.

  • Bibit Kelengkeng Pingpong

Berikutnya jenis kelengkeng yang perkembangannya cukup cepat di Indonesia, yaitu jenis kelengkeng pingpong. Nama tersebut diberikan karena buahnya memang mempunyai ukuran yang besarnya sama dengan bola pingpong. Sebenarnya jenis kelengkeng ini adalah hasil produksi dari Thailand.

Karakter yang paling mudah untuk diketahui dari jenis kelengkeng ini adalah daunnya. Hal itu karena daun kelengkeng ini mempunyai ukuran yang kecil dan menggulung. Tak hanya mempunyai buah dengan ukuran cukup besar, kelengkeng pingpong ini mempunyai keunggulan bisa berbunga sepanjang tahun sehingga mempunyai jumlah buah cukup banyak.

Untuk rasa dari jenis kelengkeng pingpong ini memang cukup manis dan nikmat. Warna buah kelengkeng ini juga lebih cerah bila dibandingkan dengan kelengkeng lokal. Tak hanya itu, memelihara bibit kelengkeng pingpong juga lebih mudah.

Peminat jenis kelengkeng pingpong juga cukup besar. Di Indonesia sendiri telah menyebar ke banyak daerah mulai dari Jawa Tengah, Jakarta, Kalimantan, dan sebagainya. Banyak orang mengatakan bahwa prospek budidaya kelengkeng pingpong sangat menjanjikan. Terlebih jenis kelengkeng ini bisa menghasilkan buah tanpa kenal musim.

  • Bibit Kelengkeng Merah

Jenis kelengkeng yang terakhir adalah jenis kelengkeng merah, yang bisa dibilang termasuk jenis kelengkeng yang cukup langka. Jenis kelengkeng satu ini bahkan sangat unik karena hampir semua bagian buahnya mempunyai warna merah. Dan ternyata tak hanya buahnya saja, namun dari bagian batang hingga daun tanaman ini juga mempunyai warna merah.

Jual Bibit Kelengkeng di KB Alamkuasri
Jual Bibit Kelengkeng di KB Alamkuasri

Tak sebatas itu saja, bila diperhatikan dari segi rasa jenis kelengkeng satu ini sangat terkenal dengan citarasa sangat manis. Bahkan kelengkeng merah memiliki rasa manis yang telah menembus level 21 briks.

Tanaman kelengkeng merah juga mampu beradaptasi dengan kondisi alam seperti apapun. Jenis satu ini juga bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Sementara tingkat keasaman ataupun basa tanah paling sesuai antara 5.5 hingga 5.6.

Bagi Anda yang mencari beragam jenis bibit kelengkeng maka kami Kebun Bibit Alamku Asri merupakan pilihan yang tepat. Kami menyediakan bibit tanaman dengan kualitas terbaik. Anda pun tak perlu khawatir mengenai harga, sebab kami menjamin harga yang ditawarkan benar-benar terjangkau.